Langsung ke konten utama

Kenangan waktu SMP

Kemarin saya mendapat PR dari Mas Mabruri untuk mengerjakan tugas kenangan waktu SMP. Beliau sendiri sudah mengerjakan 2 tugas sekaligus yaitu kenangan waktu SD dan kenangan waktu SMP. Kini bagian saya untuk mengerjakan tugas untuk menuliskan kenangan tak terlupakan waktu SMP.

Oke selamat menyimak ya.


Saya sekolah di SMP dari tahun 2000 hingga tahun 2003, yaitu di SMP N 2 Muntilan. Sebuah SMP yang berada di Jl. Wates Muntilan. Orang menyebutnya dengan daerah tape ketan. Sehingga kalo ada yang nanya “Ji kamu sekolah dimana?” Saya menjawab, “Saya sekolah di Tape Ketan, Pak”.

Berikut beberapa kenangan tak terlupakan saya waktu SMP.

1. Memilih sekolah yang jauh
Sebenarnya di kampung saya juga terdapat sebuah SMP yaitu SMP N 3 Muntilan. Waktu tempuh dari rumah saya (dengan jalan kaki) kira-kira hanya 3 menit bisa langsung sampai di sekolah tersebut. Namun saat itu berdasarkan kesepakatan dengan orang tua, saya memilih untuk sekolah yang agak jauh yakni di SMP N 2 Muntilan. Hal ini untuk melatih kedisiplinan agar terbiasa bangun pagi. Selain itu karena jaraknya yang jauh, saya lebih seringnya pulang pergi dengan naik sepeda onthel. Jika onthel rusak saya berangkat jalan kaki. Kalaupun ‘terpaksa’ berangkat naik bus karena waktu sudah mepet, itupun hanya berangkatnya saja, pulangnya jalan kaki. Alhamdulillah secara tidak langsung hal tersebut sudah melatih diri untuk terbiasa berolahraga.

2. Mengikuti lari 10 K
Saat itu saya termasuk salah satu yang terpilih untuk mengikuti Lari 10 K dalam rangka Ekowisata Candi Borobudur yang diadakan tanggal 20 Oktober 2002. Saya bersama ribuan pelari lainnya, berlari dari daerah Blondo, Kab. Magelang melewati kompleks Candi Mendut dan finish di kompleks wisata Candi Borobudur. Alhamdulillah saat itu saya sanggup mencapai garis finish dengan waktu tempuh sekitar 56 menit. Mungkin itu hikmah dari kebiasaan berolahraga saat berangkat dan pulang sekolah.

Oh ya mungkin diantara pembaca ada yang merupakan salah satu dari ribuan pelari dalam acara tersebut? Siapa tahu ya. Salam olahraga dari kami.

3. Pertama kali belajar bahasa inggris
Waktu SMP merupakan saat pertama kalinya saya belajar bahasa inggris karena pada jaman saya waktu SD belum diajarkan. Selain bahasa inggris ada salah satu pelajaran yang saya suka yaitu pelajaran “English fot Tourism”. Sebuah pelajaran untuk melatih kita menjadi seorang guide atau pemandu wisata dengan bahasa inggris. Pelajaran ini sangat bagus karena di Kabupaten Magelang terdapat banyak objek wisata, siapa tahu ada yang mengembangkan bakat ke arah sana sehingga bisa menjadi seorang Guide yang profesional.
Saat lari 10 K tersebut ingin rasanya saya mempraktekkan ilmu yang telah saya pelajari dalam pelajaran English For Tourism. Saat itu lagi banyak turis yang datang ke kawasan Candi Borobudur. Namun niat itu saya urungkan karena kondisi saya saat itu yang hanya mengenakan kaos, celana pendek dan sepatu. Selain itu badan saya juga basah kuyup dan bau karena keringat sehabis lari 10 K.

4. Menikmati sebuah rivalitas
Alhamdulilah waktu SMP banyak saingan saya dalam hal pelajaran. Makin banyak pesaing, makin semangat saya belajar. Saat itu banyak sekali anak pintar dalam angkatan saya, sebut saja Mbak Nurul Afninanti, Mas Aslam Prasetyo Adi, Mbak Dewita Maharani, Mbak Anastasia, Mas Adya Janu G, Mas Ajid Farkhani, Mas Dian Al-fatah, dan masih banyak lagi. Kini diantara mereka banyak yang telah lulus dari sebuah perguruan tinggi favorite di Yogyakarta maupun Semarang, ada yang pernah menjadi salah satu anggota Paskibraka di Jakarta tahun 2004, ada juga yang sekarang telah menjadi orang penting di sebuah kapal pesiar di Amrik sana dan masih banyak lagi. Saya senang pernah menjadi salah bagian dari mereka. Energi positif yang mereka pancarkan serasa memberikan semangat bagi saya untuk terus berusaha menjadi yang lebih baik. Thanks for all my Friends.

5. Pertama kali satu sekolah dengan sang Adik
Pada waktu SMP merupakan saat pertama kalinya saya satu sekolah dengan sang adik. Yakni saya di kelas 3, dia kelas 1. Begitu pula dengan saat SMK kami kembali satu sekolah. Ada suka dan dukanya berada satu sekolah dengan adik kandung sendiri. Sukanya ya bisa berangkat bareng sedangkan dukanya yaitu orang sering membanding-bandingkan antara sang kakak dengan sang adik.

Nah demikianlah beberapa kenangan tak terlupakan saat SMP. Mungkin ada yang bertanya-tanya “Kok nggak ada cerita soal cinta?” hehehe jaman saya dulu saya belum kenal dengan yang namanya cinta-cintaan. Yang sekarang saja baru kenal 8 bulan, demi menjaga diri kami langsung memantapkan diri untyuk menuju jenjang pernikahan. Mohon doanya ya semoga semoga semua lancar baik pada hari H (tanggal 21 November 2011) maupun kehidupan setelahnya.

Alhamdulillah selesai juga mengerjakan PR-nya.

Selanjutnya ada baiknya sahabat yang lain juga mengenang sedikit tentang masa-masa SMP dan sahabat yang mendapat bagian dari saya yaitu :

Seperti pesan dari Abi Sabila dan Mas Mabruri, tidak ada maksud untuk memberatkan, hanya sebagai sarana untuk bisa mempererat silaturahmi dan sambil mengasah lagi untuk belajar mengingat peristiwa yang telah lalu.

Komentar

  1. Alhamdulillah, Mas Jier sudah mengerjakan PR ini dengan cepat. Jauh lebih cepat dibanding waktu saya mengerjakannya. Semoga sahabat lainnya berkenan mengerjakannya dengan senang hati. Insya Allah.

    Melihat tahun lulus Mas Jier, jadi berasa tua banget saya. Tahun 2003 usia Sabila sudah 3 tahun, itu artinya saya sudah menikah 4 tahun. heheheh....

    Kalau Mas Jier pernah satu sekolah dengan adik, saya tidak pernah merasakan satu sekolah dengan kakak, apalagi adik, wong saya bungsu. Hehehe...Dan soal belajar bahasa Inggris pertama kali, jadi inget buku paket bahasa inggris yang sampulnya bergambar huruf e. dari kelas satu sampai kelas tiga, gambarnya sama, cuma beda warnanya saja. Dan tidak seperti jaman sekarang, waktu di SMP saya benar-benar baru mengenal apa itu what, hitam itu black dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  2. TAhun 2003,Olive baru lahir..
    MasJier lulus SMP..
    Woalah tua banget akyu..

    memmang indah yah,kalo kita mengenang saat2 dulu..

    BalasHapus
  3. Terimakasih mas, sudah mengerjakan PRnya,,
    bagus deh, saya kasih nilai seribuuuu... :D :D


    selisih satu tahun ya mas, tuwa-an saya brarti mas..:D
    Itu lari 10 K maksudnya Kilometer mas??

    BalasHapus
  4. @Mas Mabruri Sirampog
    wah asyik dapet nilai seribu hehehe makasih mas

    iya mas itu maksudnya lari 10 KM

    BalasHapus
  5. Woy dapat PR lagi makin banyak aja nih kerjaan. moga segera bisa aku kerjain ...

    BalasHapus
  6. yg ini kenangan masa SMP..

    kemarin sy juga dapat tugas...tp kenangan masa SD :D

    BalasHapus
  7. ada kesamaan antar Masjier dgn bunda , bunda juga satu sekolah dgn kaka ketika SMP :)


    Alhamdulillah, senang mendengar berita bahagia ini
    Semoga Allah swt melancarkan semuanya dan memberikan rakhmat serta barokah NYA utk Masjier dan istri ,aamiin
    salam

    BalasHapus
  8. Wah jaman saya pas SD udah ada Bahasa Inggris donggg. *pamer*

    21 November ga ada seminggu lagi donggg, selamat masss! :) Semoga lancar yaaa...

    BalasHapus
  9. buru2 ngerjain PR, biar gak keganggu acara tanggal 21 ya Mas, hehehe ...

    BalasHapus
  10. @bu dey : iya bu, bir tidak ada tanggungan lagi

    @Una : Wah enak donk sudah ada bahasa inggris. Amien makasih atas doanya Una

    BalasHapus
  11. @bunda Lyli : Amien. Jazakallahu bunda

    BalasHapus
  12. heee jadi sering update-nya disini ya :D

    wah hebat ya milih sekolah yang jauh biar mandiri duh aku jadi malu, kalo aku mah pengen yang praktis2 aja meskipun SMPku juga lumayan jauh sih, oke oke pr diterima, ditunggu ya :D kalau sudah silahkan dibayar di kasir #plaaak :D

    BalasHapus
  13. saya malah msh menunda PR ttg kenangan sekolah SD hehe...

    BalasHapus
  14. Saleum,
    Cerita yang seru mas, :)

    saleum dmilano

    BalasHapus
  15. langsung komen intinya saja mas.. semoga semuanya lancar pas hari H, dhe merestui mas.. hahahaha *emang dhe siapa*

    BalasHapus
  16. huaa...lomba lari 10 K...ckkkckk....nyampe finish ga mas jier?

    BalasHapus
  17. @cikvee : Alhamdulillah nyampe finish mbak dalam waktu 56 menit

    BalasHapus
  18. Hebat nah, bisa gitu lari 10 K. Saya tidak suka olahraga. hehehe

    Salam kenal

    BalasHapus
  19. wah..semoga acaranya nanti lancar yaaa

    BalasHapus
  20. Makin merasa tuik kalau kenal dengan sosok seperti Mas Jier ini :) Boleh pangil apa aja, selalu SUKA...

    Tahun 2003 itu Sulungku lahir, dan adik bungsuku kalau tamat SD*kalau nggak salah ;)

    Hmmm...sama lho baru kenal Bahasa Inggris pas SMP, sementara kawan yang lain udah cas-cis-cus...

    Nggak boleh berkelit lagi, memang setelah kucari tak ada posting tentang kenangan masa SD, langsung aja SMP, hehe... dan berdasarkan pengakuan Mas Jier di blogku, ternyata emang belum ada yang menugaskan, so dengan segala kerendahan hati, aku mohon kerjakan PR masa SD ya, spesial tugas dariku ;) Pliiiissss...

    BalasHapus
  21. wahh PRnya dah selesai...dikebut ya mas takut keburu hari H....btw smoga acaranya berlangsung lancar dan khidmat yachh...smoga menjadi keluarga yg SAMARA...amiin

    BalasHapus
  22. Suatu kenangan yang indah tentunya ya Mas.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tulis tanggapan, kritik, saran atau komentar anda.

Postingan populer dari blog ini

Daftar Pradana SMK Negeri 1 Salam

Pradana merupakan pemimpin sebuah Ambalan Penegak. Yang tugas adalah memimpin pengelolaan Dewan Ambalan dan mengkoordinasi kinerja Dewan Ambalan. Mengingat tugas dan tanggung jawabnya tersebut maka seorang pradana dipilih dengan seksama sehingga mampu melakukan tugasnya dengan baik. Untuk mengetahui siapa saja pradana yang telah bertugas mulai dari masa Bhakti 2001/2002 maka bisa kita lihat video di atas. Berikut ini daftar pradana SMK Negeri 1 Salam mulai tahun 2001/2002 hingga sekarang.

Hidup Itu Seperti Toples

Sebagaimana orang kuliah, orang menjalani hidup pun juga punya "Cara" masing  - masing. Ada yang kuliah dengan santuy yang penting bisa lulus tepat waktu dengan nilai minimal C. Ada juga yang kuliah dengan belajar mati - matian. Mendalami ilmu dengan serius agar bisa bikin tesis yang mengguncang dunia. Atau agar setelah lulus bisa bikin terobosan baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Demikian pula orang dalam menjalani hidup.  Ada yang menjalani dengan hidup dengan harapan yang nggak muluk - muluk. Waktunya kerja ya kerja. Waktunya beribadah ya beribadah. Waktunya tidur ya tidur. Semua dijalani dengan senang hati. Yang terpenting bagi mereka adalah hidup nggak nyusahi orang tua, nggak ngrepoti pemerintah dan nggak jadi beban masyarakat. Tapi ada pula orang menjalani hidup dengan target. Harus bisa gini, gitu dan seperti itu. Semua penuh rencana dan target yang jelas. Mereka terus mengembangkan diri. Meskipun dah jadi artis, mereka tetap bikin bisnis. Sudah pu

Andai Jalur Muntilan - Temanggung aktif kembali

Dalam lamunanku, aku membayangkan andaikata jalur kereta api Muntilan - Parakan masih aktif tentu aku bisa pergi ke rumah mertua dengan kereta api yang lebih aman dan tidak kebut-kebutan. Masih dalam lamunanku, aku membayangkan naik kereta dari Stasiun Muntilan, di sana sudah ada banyak penumpang yang berangkat dari Jogjakarta dan Tempel. Aku menyapa mereka dan memberikan senyuman hangat sambil m encari tempat duduk yang masih kosong. Tak lama berselang, kereta kembali berjalan melanjutkan perjalanannya. Berturut-turut kami melewati jembatan di Sungai Keji, Sungai Bangkong dan Sungai Pabelan. Setelah itu kereta kembali berhenti di Halte Pabelan.