Langsung ke konten utama

Book Review: Muhasabah Cinta Seorang Istri

Muhasabah Cinta Seorang Istri merupakan sebuah buku yang ditulis oleh Asma Nadia dkk. Buku setebal 250 halaman ini berisi tentang kisah-kisah para istri dalam mengarungi samudra kehidupan mereka bersama suami. Buku ini diterbitkan pertama kali oleh Lingkar Pena Publishing House dan Asma Nadia Publishing House. Hingga sekarang buku ini sudah mengalami beberapa kali cetakan ulang. Buku yang saya baca merupakan cetakan kelima yakni pada April 2011.

Kontributor dari buku ini merupakan para istri yang sudah aktif dalam dunia penulisan. Beberapa di antara memulai kegiatan menulis dengan menjadi penulis di blog pribadi.
review buku, Muhasabah Cinta Seorang Istri, Asma Nadia, Buku untuk muslimah
Cover buku Muhasabah Cinta Seorang Istri
Buku Muhasabah Cinta seorang istri sangat bagus sekali sebagai bahan evaluasi dan bahan renungan bagi para istri yang sudah menikah. Dengan membaca pengalaman orang lain dalam mengarungi samudra pernikahan diharapkan mereka mempunyai gambaran bahwa pernikahan merupakan sebuah perjuangan. Di dalam buku tersebut terdapat berbagai macam karakter yang membentuk sebuah keluarga. Ada yang suaminya seorang yang romantis, istrinya cuek. Begitu juga sebaliknya ada yang seorang istri menyukai hal-hal berbau romantis, suaminya justru lebih memikirkan hal-hal yang realistis, dan masih banyak kisah lainnya. 

Selain itu buku Muhasabah Cinta Seorang Istri juga sangat bagus buat para calon istri yang akan melangsungkan pernikahan, sebagai bekal dalam mengarungi samudra pernikahan yang akan mereka hadapi. Dengan membaca buku ini, diharapkan para calon istri mempunyai gambaran bahwa pernikahan itu memang tidaklah semudah yang diangankan, namun dengan bekal kemauan, kerja keras dan semangat kebersamaan untuk menjaga keutuhan pernikahan maka semua permasalahan insya Allah bisa dihadapi dengan mudah.

Saat saya jalan-jalan di toko buku beberapa bulan yang lalu, saya langsung tertarik untuk membelinya begitu membaca tulisan yang ada di cover buku tersebut. Dan ternyata benar isi buku tersebut sungguh sangat bermanfaat untuk dibaca bagi setiap istri shalihat dan para muslimah lajang. Disampaikan dengan gaya bahasa yang ringan dan bersahabat membuat pembacanya menikmati setiap alur ceritanya. Kadang kala saya ketawa membaca cerita lucu yang disampaikan di dalam buku Muhasabah Cinta Seorang Istri tersebut.

Beberapa hari setelah pembelian buku tersebut, saya pun membeli 1 buah buku lagi dengan judul yang sama, khusus saya berikan untuk insya Allah calon istri saya, sebagai bekal untuk mengarungi samudra pernikahan kita kelak. Dan alhamdulillah respon darinya positif. Dia mengucapkan banyak terima kasih telah memberinya sebuah buku yang bagus dan mengandung manfaat yang besar sekali.

Untuk buku best seller ini saya berikan nilai 100 deh. Saya tidak menemukan kekurangan dalam buku tersebut. Mulai dari desain cover, isi, penyampaian dan tata letak saya rasa semua sudah bagus. Saya rekomendasikan buat para istri dan para muslimah lajang untuk membaca buku ini. Buat para suami dan para calon suami juga tidak ada salahnya membaca buku ini. Buktinya saya pun membaca Muhasabah Cinta Seorang istri tersebut, saya jadi tahu apa yang mereka rasakan dan apa yang mereka inginkan. Sehingga insyaAllah kita (para suami dan calon suami) tidak hanya melihat sesuatu hanya dari satu sisi saja namun bisa melihat dari sisi yang lain yakni dari sudut pandang para istri (wanita).

"Bukankah segala yang ada di dunia ini diciptakan berpasang-pasangan supaya bisa saling melengkapi satu sama lain."

Artikel ini diikutsertakan pada Book Review Contest di BlogCamp.

Referensi gambar : http://anadia.multiply.com/reviews/item/52

Komentar

  1. wow,,,, rupa2nya mas jier akan bersegera menikah. Alhamdulillah...
    bukunya bagus mas,, saya jg suka baca karya2 Asma Nadia

    BalasHapus
  2. Saya telah membaca dengan cermat artikel sahabat.
    Segera saya catat sebagai peserta kontes.
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  3. waaaahh mesti dibaca nih.. haduuhh tapi jangan dulu ah, nanti malah jadi pengen ikutan cepet nikah juga kayak mas Jier.. :P

    BalasHapus
  4. Eits...calon suami yg baik nih hohoho... Sok atuh diantos ulemanana mas *kedip2* ;)

    BalasHapus
  5. Wah,, baca review ini jadi ngerasa ga salah pilih udah ngado buku ini ke sahabat yang baru nikah.. hehe
    tapi saya sendiri belum punya bukanya ig

    BalasHapus
  6. Asma Nadia salah satu penulis favoritku... tulisan2nya inspiratif... dan aku yakin tulisan2 dari para istri ini banyak mengandung hikmah...

    jadi ingin punya nih...

    makasih review nya mas Jier...

    btw, skrg ternak blog ya mas Jier? blog ini khusus review dan kontes ya? :-D

    sukses selalu mas Jier... :-D

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tulis tanggapan, kritik, saran atau komentar anda.

Postingan populer dari blog ini

Daftar Pradana SMK Negeri 1 Salam

Pradana merupakan pemimpin sebuah Ambalan Penegak. Yang tugas adalah memimpin pengelolaan Dewan Ambalan dan mengkoordinasi kinerja Dewan Ambalan. Mengingat tugas dan tanggung jawabnya tersebut maka seorang pradana dipilih dengan seksama sehingga mampu melakukan tugasnya dengan baik. Untuk mengetahui siapa saja pradana yang telah bertugas mulai dari masa Bhakti 2001/2002 maka bisa kita lihat video di atas. Berikut ini daftar pradana SMK Negeri 1 Salam mulai tahun 2001/2002 hingga sekarang.

Hidup Itu Seperti Toples

Sebagaimana orang kuliah, orang menjalani hidup pun juga punya "Cara" masing  - masing. Ada yang kuliah dengan santuy yang penting bisa lulus tepat waktu dengan nilai minimal C. Ada juga yang kuliah dengan belajar mati - matian. Mendalami ilmu dengan serius agar bisa bikin tesis yang mengguncang dunia. Atau agar setelah lulus bisa bikin terobosan baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Demikian pula orang dalam menjalani hidup.  Ada yang menjalani dengan hidup dengan harapan yang nggak muluk - muluk. Waktunya kerja ya kerja. Waktunya beribadah ya beribadah. Waktunya tidur ya tidur. Semua dijalani dengan senang hati. Yang terpenting bagi mereka adalah hidup nggak nyusahi orang tua, nggak ngrepoti pemerintah dan nggak jadi beban masyarakat. Tapi ada pula orang menjalani hidup dengan target. Harus bisa gini, gitu dan seperti itu. Semua penuh rencana dan target yang jelas. Mereka terus mengembangkan diri. Meskipun dah jadi artis, mereka tetap bikin bisnis. Sudah pu

Andai Jalur Muntilan - Temanggung aktif kembali

Dalam lamunanku, aku membayangkan andaikata jalur kereta api Muntilan - Parakan masih aktif tentu aku bisa pergi ke rumah mertua dengan kereta api yang lebih aman dan tidak kebut-kebutan. Masih dalam lamunanku, aku membayangkan naik kereta dari Stasiun Muntilan, di sana sudah ada banyak penumpang yang berangkat dari Jogjakarta dan Tempel. Aku menyapa mereka dan memberikan senyuman hangat sambil m encari tempat duduk yang masih kosong. Tak lama berselang, kereta kembali berjalan melanjutkan perjalanannya. Berturut-turut kami melewati jembatan di Sungai Keji, Sungai Bangkong dan Sungai Pabelan. Setelah itu kereta kembali berhenti di Halte Pabelan.