Langsung ke konten utama

Amankan akun dengan Google Authenticator

Bicara masalah keamanan dalam berinternet, tentunya keamanan akun menjadi salah satu aspek yang perlu kita utamakan. Tentu saja para sahabat bisa bayangkan jika akun kita dibajak (hack) oleh orang lain dan disalahgunakan, maka akan kacau akibatnya bagi kita. Nah kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang penggunaan Google Authenticator untuk mengamankan akun kita.

Apa itu Google Authenticator ??
Google Authenticator merupakan aplikasi Android yang berguna untuk melakukan verifikasi setiap kita akan masuk (Login) menuju akun kita.

Bagaimana cara kerja Google Authenticator untuk mengamankan akun kita ??
Setiap akan Login (masuk), kita akan diminta memasukkan username dan password seperti biasa.

Login ke akun google
Setelah itu, kita tidak akan langsung menuju Dashbord atau akun kita.
Kita akan diminta kode yang dihasilkan oleh aplikasi Google Authenticator.
(kode tersebut terdiri atas 6 digit angka dan akan berganti setiap 30 detik)

Verifikasi 2 langkah
Baru setelah itu, kita bisa masuk ke dashbord (akun) kita.

Lapisan keamanan akun kita, bisa dilihat seperti gambar di bawah ini.
lapisan kemanan akun
Hal ini berarti akun kita diamankan oleh 2 lapisan.
  • Lapisan pertama adalah sandi atau password kita.
  • Lapisan kedua adalah kode verifikasi yang dihasilkan oleh aplikasi Google Authenticator.
itu artinya jika ada orang yang mencuri, mempelajari atau mengetahui sandi (password) kita, dia masih memerlukan Hp kita untuk masuk ke akun kita.

Bagaimana cara kita untuk mendapatkan Google Authenticator ??
Kita bisa mendownload dan menginstall aplikasi tersebut di Google Playstore dengan alamat berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.authenticator2

Setelah aplikasi terinstall kita perlu melakukan settingan di akun kita.
Caranya
1. Masuk ke setelan akun
2. Kemudian klik keamanan
3. Setelah itu klik edit (disamping tulisan verifikasi 2 langkah)
4. Setelah itu akan menuju tampilan berikut ini, kita klik aja Mulai Penyiapan
5. Setelah itu masukkan nomor telepon yang akan kita gunakan untuk mendapatkan kode dari Google. Setelah itu klik KIRIM KODE.
6. Masukkan kode yang telah kita terima.kemudian klik Verifikasi
7. Anda akan diminta konfirmasi apakah mau mempercayai komputer yang anda gunakan atau tidak. Seperti ditunjukkan gambar berikut ini (saya memilih untuk mengosongkan kotak disamping tulisan percayai komputer ini, karena saat itu saya lagi di warnet. Setelah itu klik BERIKUTNYA >>
8. Muncul tampilan seperti di bawah ini. Kemudian klik KONFIRMASI
9. Selanjutnya muncul tampilan seperti ini, klik beralih ke aplikasi
10. Kemudian pilih jenis Hp anda, dan klik LANJUTKAN
Memilih jenis Hp yang kita gunakan
11. Selanjutnya pindai kode batang yang ada di komputer menggunakan Aplikasi Google Authenticator.
(tempatkan kode batang sehingga masuk ke dalam kotak dengan tepat.
Barcode

12. Setelah proses pemindaian berhasil maka akan muncul kode di aplikasi Google Authenticator. Silahkan masukkan kode tersebut dan klik Verifikasi dan simpan.
Tampilan kode yang dihasilkan oleh Google Authenticator


Nah cara ini sudah saya gunakan untuk semua akun Google saya dan juga akun wp.com saya. Mungkin hal ini tidak menjamin 100 % keamanan akun kita. Namun paling tidak kita sudah berikhitiar untuk mengamankan akun kita.

Selamat mencoba, mengamankan akun dengan Google Authenticator.


Komentar

  1. Artikel telah kami daftarkan sebagai peserta kontes. Terima kasih atas partisipasinya.
    Salam hangat

    BalasHapus
  2. waaaah kereeen...
    biisa dicobaa...
    :)

    BalasHapus
  3. Iya mbak jadi lebih aman, silahkan dicoba

    BalasHapus
  4. trus kalo hpnya ilang atau rusak gmana gan... berarti kita ga bisa masuk ke akun kita yang di pasang google Authenticator dong...mohon pencerahan trimakasih..

    BalasHapus
  5. trus kalo hpnya ilang atau rusak gmana gan... berarti kita ga bisa masuk ke akun kita yang di pasang google Authenticator dong...mohon pencerahan trimakasih..

    BalasHapus
  6. Kalo akun udah ke hack ..bisa di balikin lagi mas ama app ini

    BalasHapus
  7. Kalo akun udah ke hack ..bisa di balikin lagi mas ama app ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tulis tanggapan, kritik, saran atau komentar anda.

Postingan populer dari blog ini

Daftar Pradana SMK Negeri 1 Salam

Pradana merupakan pemimpin sebuah Ambalan Penegak. Yang tugas adalah memimpin pengelolaan Dewan Ambalan dan mengkoordinasi kinerja Dewan Ambalan. Mengingat tugas dan tanggung jawabnya tersebut maka seorang pradana dipilih dengan seksama sehingga mampu melakukan tugasnya dengan baik. Untuk mengetahui siapa saja pradana yang telah bertugas mulai dari masa Bhakti 2001/2002 maka bisa kita lihat video di atas. Berikut ini daftar pradana SMK Negeri 1 Salam mulai tahun 2001/2002 hingga sekarang.

Hidup Itu Seperti Toples

Sebagaimana orang kuliah, orang menjalani hidup pun juga punya "Cara" masing  - masing. Ada yang kuliah dengan santuy yang penting bisa lulus tepat waktu dengan nilai minimal C. Ada juga yang kuliah dengan belajar mati - matian. Mendalami ilmu dengan serius agar bisa bikin tesis yang mengguncang dunia. Atau agar setelah lulus bisa bikin terobosan baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Demikian pula orang dalam menjalani hidup.  Ada yang menjalani dengan hidup dengan harapan yang nggak muluk - muluk. Waktunya kerja ya kerja. Waktunya beribadah ya beribadah. Waktunya tidur ya tidur. Semua dijalani dengan senang hati. Yang terpenting bagi mereka adalah hidup nggak nyusahi orang tua, nggak ngrepoti pemerintah dan nggak jadi beban masyarakat. Tapi ada pula orang menjalani hidup dengan target. Harus bisa gini, gitu dan seperti itu. Semua penuh rencana dan target yang jelas. Mereka terus mengembangkan diri. Meskipun dah jadi artis, mereka tetap bikin bisnis. Sudah pu

Andai Jalur Muntilan - Temanggung aktif kembali

Dalam lamunanku, aku membayangkan andaikata jalur kereta api Muntilan - Parakan masih aktif tentu aku bisa pergi ke rumah mertua dengan kereta api yang lebih aman dan tidak kebut-kebutan. Masih dalam lamunanku, aku membayangkan naik kereta dari Stasiun Muntilan, di sana sudah ada banyak penumpang yang berangkat dari Jogjakarta dan Tempel. Aku menyapa mereka dan memberikan senyuman hangat sambil m encari tempat duduk yang masih kosong. Tak lama berselang, kereta kembali berjalan melanjutkan perjalanannya. Berturut-turut kami melewati jembatan di Sungai Keji, Sungai Bangkong dan Sungai Pabelan. Setelah itu kereta kembali berhenti di Halte Pabelan.